Inilah Tanda Organ Jantung Anda Tidak Sehat yang Perlu di Ketahui

  • Bagikan
jantung
Organ jantung adalah pompa, sementara pembuluh darah adalah pipa berisi darah yang membawa asupan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh/Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Kesehatan jantung merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan agar dapat terhindar dari berbagai penyakit. Bila organ jantung bermasalah, kondisi ini dapat membahayakan kesehatan. Pada dasarnya, sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) berfungsi untuk menyuplai darah ke seluruh tubuh. Bila kita ibaratkan, organ jantung adalah pompa, sementara pembuluh darah adalah pipa berisi darah yang membawa asupan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Jika fungsi-fungsi tersebut terganggu, maka dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jantung yang tidak sehat bisa dilihat dari berbagai gejala. Berikut ini ciri-ciri jantung bermasalah yang perlu Anda waspadai!

1. Nyeri Dada yang Menjalar

Tanda jantung bermasalah yang sering terjadi adalah nyeri dada yang menjalar. Nyeri ini biasanya bersifat tumpul, yaitu seperti ada benda berat yang menekan di dada, khususnya sebelah kiri.

Nyeri bisa menjalar ke lengan kiri, leher, rahang (terasa seperti sakit gigi), hingga menembus ke punggung.

Keluhan ini dapat disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah pada organ jantung atau biasa dikenal sebagai serangan jantung.

2. Sesak Napas

Sesak napas bisa menjadi gejala jantung bermasalah. Jika fungsi jantung sebagai pompa darah terganggu, darah akan terakumulasi di berbagai organ tubuh karena tidak dipompa dengan baik.

Salah satu contoh dari kondisi tersebut ialah darah yang menumpuk di jaringan paru-paru. Cairan di paru-paru tentu akan menyebabkan sesak saat bernapas.

Biasanya, gagal jantung merupakan masalah jantung yang menyebabkan keluhan ini.

3. Dada Berdebar

Jantung memompa darah dengan ritme yang konstan dan otomatis. Jantung sebenarnya tidak berhenti bekerja meski Anda tidur. Fungsi tersebut diperankan oleh aliran listrik yang terdapat pada jantung.

Sayangnya, jika terdapat masalah pada aliran listrik tersebut, maka akan menyebabkan gangguan ritme jantung yang disebut aritmia. Aritmia akan menyebabkan dada terasa berdebar tiba-tiba tanpa penyebab pasti.

4. Batuk

Umumnya, batuk adalah tanda adanya gangguan pada saluran pernapasan. Namun jangan salah, keluhan ini bisa juga menjadi ciri-ciri jantung bermasalah.

Batuk yang tidak kunjung berhenti tanpa disertai produksi lendir (dahak) mungkin menandakan adanya masalah jantung akibat penumpukan cairan pada paru-paru.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.