Berikut Manfaat Minum Teh Pahit untuk Kesehatan

  • Bagikan
teh
Teh pahit atau tanpa gula kaya akan antioksidan, yang membantu perbaikan sel-sel dalam tubuh serta mengurangi risiko penyakit kritis/Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Teh telah menjadi salah satu minuman favorit yang enak dinikmati sehari-hari. Berikut manfaat minum teh pahit atau tanpa gula untuk kesehatan. Bila Anda termasuk salah satu penggemar teh, Anda mungkin perlu melanjutkan ‘tradisi’ ini. Namun, pastikan teh yang dikonsumsi adalah teh pahit atau tanpa gula. Sebagaimana melansir Reader’s Digest, teh tanpa gula kaya akan antioksidan, yang membantu perbaikan sel-sel dalam tubuh serta mengurangi risiko penyakit kritis.

“Teh berasal dari tanaman Camellia sinensis yang mengandung antioksidan yang kita kenal sebagai katekin. Katekin sendiri terbagi atas senyawa Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan,” kata Anthony Kouri, ahli bedah ortopedi di Toledo, Ohio

Berikut manfaat minum teh pahit untuk kesehatan.

1. Kulit lebih sehat

Rutin minum teh pahit dapat mengurangi risiko kanker kulit. Terutama jenis teh hitam, yang menurut Direktur Nutrisi dan Psikiatri Gaya Hidup di Massachusetts General Hospital and Faculty at Harvard Medical School Uma Naidoo, cukup efektif dalam mencegah karsinoma sel skuamosa atau salah satu jenis kanker kulit.

2. Kurangi risiko diabetes

Menyeduh teh dan meminumnya setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dengan membantu mengendalikan gula darah setelah makan.

Manfaat ini akan lebih terasa bila Anda memilih jenis teh hitam usai mengonsumsi makanan yang mengandung sukrosa, ungkap sebuah penelitian di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition.

3. Gigi lebih kuat

Manfaat minum teh pahit atau tanpa gula juga membantu gigi lebih kuat. Menurut penelitian dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, teh memiliki efek antibakteri yang dapat mengurangi bakteri pembentuk rongga di mulut.

Sehingga, minum teh pahit setiap hari bisa membuat gigi berlubang tidak semakin parah.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan katekin dalam teh dapat mengurangi peradangan sehingga menghambat pembentukan plak di arteri vital.

Selain itu, khasiat antiinflamasi teh dapat membuat pembuluh darah rileks dan jernih, sehingga mengurangi tekanan pada jantung dan mengurangi risiko penyakit.

5. Meningkatkan pembakaran lemak

Kandungan kafein dalam teh membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak hingga 100 kalori per hari.

Khasiat ini akan terasa bila Anda mengonsumsi teh hijau tawar yang dikonsumsi hangat karena mengandung sekitar 40 miligram kafein per cangkir.

6. Membuat tidur malam lebih lelap

Menurut sebuah penelitian di Integrative Medicine Research, manfaat minum teh pahit dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada orang dengan insomnia ringan hingga sedang.

7. Meningkatkan metabolisme tubuh

Menurut Kouri, kafein dalam teh pahit membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak (hingga 100 kalori per hari).

Pastikan Anda tidak berlebihan dalam hal kafein. Satu cangkir teh hijau mengandung sekitar 40 miligram kafein, dan Kouri merekomendasikan untuk membatasi asupan kafein harian Anda tidak lebih dari 300 hingga 400 miligram.(Fath)

Sumber : CNN Indonesia

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.