Benarkah Manfaat Jeruk Nipis Bisa Membersihkan Paru dari Nikotin?

  • Bagikan
jeruk
Beberapa waktu lalu berita tentang manfaat jeruk nipis untuk membersihkan paru-paru perokok menjadi viral di Facebook/Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Beberapa waktu lalu berita tentang manfaat jeruk nipis untuk membersihkan paru-paru perokokmenjadi viral di Facebook. Di dalam unggahan gambar tersebut jeruk nipis dikatakan dapat menurunkan kadar nikotin rokok di paru-paru hingga 70,65 persen.

Hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya, benarkah air jeruk nipis efektif membersihkan nikotin di paru perokok?

Hoax Jeruk Nipis untuk Membersihkan Paru Perokok

Menanggapi berita yang tengah viral tersebut, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti memastikan bahwa informasi itu tidak benar.

“Informasi tersebut tidak benar atau mitos. Jeruk nipis memang dapat membantu meredakan radang saluran napas akibat paparan asap rokok dan mengurangi produksi mucus. Namun, bukan berarti dapat membersihkan nikotin di dalam organ paru,” tegasnya.

Satu-satunya cara paling ampuh untuk membersihkan nikotin di dalam paru adalah dengan berhenti merokok.

Perlu diketahui, paru-paru adalah organ yang mampu memperbaiki kerusakan atau membersihkan dirinya sendiri, termasuk menghilangkan nikotin.

Setelah berhenti merokok, perlahan organ paru Anda akan beregenerasi. Seberapa cepat regenerasi atau proses penyembuhan akan bergantung pada beberapa faktor.

Di antaranya, penyembuhan paru akibat paparan rokok bergantung dari berapa lama Anda merokok dan seberapa banyak kerusakan yang terjadi.

Jeruk Nipis Berpotensi Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Melansir VeryWell, jus jeruk nipis justru dapat menjadi alternatif untuk membantu seseorang berhenti merokok.

Studi dari Journal of The Medical Association Thailand pernah membandingkan manfaat jeruk nipis dan permen karet nikotin untuk menurunkan keinginan merokok.

Selama tujuh hari peserta kita bagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberi jeruk nipis dan yang lainnya diberi permen karet nikotin.

Hasilnya dapat kita laporkan bahwa jeruk nipis segar cukup efektif untuk menurunkan keinginan merokok. Meski begitu, jeruk nipis tidak memiliki kemampuan sebaik permen karet nikotin dalam mengurangi keinginan untuk merokok.

Tidak kita ketahui secara pasti mengapa air jeruk nipis dapat membantu menahan keinginan merokok.

Namun, penelitian dari International Journal of Collaborative Research on Internal Medicine and Public Health mencatat bahwa perokok umumnya memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah.

Nah, air jeruk nipis kita ketahui dapat menjadi alternatif untuk mencukupi kadar vitamin C di dalam tubuh.

Itu dia penjelasan mengenai cara membersihkan paru-paru dari nikotin. Air jeruk nipis tidak efektif untuk membersihkan paru-paru dari nikotin. Cara tepat untuk membersihkan paru-paru dari nikotin adalah berhenti merokok.(Fath)

Sumber : klikdokter

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.