Menjajal Internet 5G di Samsung Galaxy A53 Saat Nonton MotoGP Mandalika

  • Bagikan

Zoz.my.id– Telkomsel menggelar jaringan 5G untuk menunjang sarana telekomunikasi di ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret 2022.

Sambil menonton gelaran balapan MotoGP tersebut, KompasTekno menjajal dukungan 5G yang smartphone terbaru Samsung di Indonesia, Galaxy A53 5G.

Kami sendiri sebelumnya sudah membekali ponsel tersebut dengan kartu SIM 4G (USIM) Telkomsel yang sudah terpasang dengan profil 5G.

Hasilnya, Galaxy A53 bisa langsung tersambung dengan jaringan 5G Telkomsel yang berada di sejumlah titik di Sirkuit Internasional Mandalika tanpa perlu dilakukan registrasi atau unlock 5G.

Galaxy A53 5G yang kami gunakan merupakan unit resmi Indonesia. Dan sejak membukanya dari kotaknya belum pernah melakukan proses pembaruan (update) software/firmware.

Beberapa titik yang kami kunjungi sendiri mulai dari area pintu masuk, area stan pengunjung, hingga area tribun penonton. Dan terutama di area Grandstand Premium Zone B yang kami tempati.

Samsung Galaxy A53 5G bisa mendapatkan sinyal 5G penuh (full bar) di beberapa area sirkuit yang kami kunjungi. Tanpa adanya hambatan untuk proses penggantian sinyal 4G ke 5G.

Selain memantau sinyalnya, kami juga menguji sejumlah pengalaman memakai jaringan 5G di ponsel ini.

Hasilnya, Samsung Galaxy A53 5G tersebut bisa digunakan untuk berselancar di internet. Mengunggah foto serta video suasana gelaran balap MotoGP ke media sosial juga bisa dengan lancar.

Ketika mengunggah beragam konten Instagram Stories dengan format video. Misalnya, pengguna lain sudah bisa melihat uanggahan konten tersebut dalam waktu beberapa detik saja.

Semua lancar

Pengalaman video call via WhatsApp juga lancar, menampilkan gambar wajah lawan bicara terlihat jelas.

Selain itu, kegiatan streaming musik dan video YouTube dengan resolusi 4K juga bisa melakukannya dengan lancar tanpa adanya hambatan (buffering).

Di samping kegiatan-kegiatan tersebut, kami juga turut menjajal ponsel “5G Ready” ini untuk bermain game online, salah satunya adalah Mobile Legends. Pengalaman bermain game tersebut pun tanpa hambatan berkat latency yang lebih rendah.

Untuk pengujian ini, latency yang kami dapat di jaringan 5G berkisar di angka 50-60 ms, lebih cepat dari latency jaringan 4G yang hanya berkisar 80-90 ms.

Seperti semua tahu, Samsung Galaxy A53 5G mengandalkan chipset Exynos 1280 yang mendukung jaringan 5G.

Apabila mengacu situs web resmi Samsung Indonesia, membekali Galaxy A53 dengan chip modem yang memiliki dukungan 5G di pita (band) frekuensi Sub-6 Ghz. Belum ada informasi yang lebih rinci untuk dukungan pita 5G Galaxy A53 5G.

Telkomsel menggunakan Frekuensi 5G yakni 2.100 MHz dan 2.300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu.

Samsung Galaxy A53 kemungkinan besar sudah mendukung salah satu frekuensi 5G tersebut atau malah keduanya.

Di Indonesia, harga Samsung Galaxy A53 5G dibanderol Rp 5.999.000 untuk varian 8 GB/128GB dan Rp 6.499.000 untuk varian 8 GB/256GB.

Sumber : kompas.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *