Skutik Listrik Yamaha E01 Dan Neo’s Diperkenalkan Yamaha Eropa Secara Virtual

  • Bagikan

Zoz.my.id– Belum lama ini Yamaha Eropa telah memperkenalkan dua motor listriknya berjenis skuter yakni Yamaha E01 dan Yamaha Neo’s secara virtual.

Kedua skuter listrik tersebut mengambil basis dari purwarupa dengan nama yang sama, dan juga pernah memamerkannya di Tokyo Motor Motor Show 2019.

Mengutip Paultan, motor listrik tersebut siap untuk meluncur ke pasar Eropa terlebih dahulu dalam beberapa waktu dekat ini. Kedua skuter listrik tersebut akan menjadi produk elektrifikasi Yamaha pertama untuk memasuki pasar motor listrik.

“Kami sangat senang dengan pendekatan baru ini, karena kami merasa jika kami bisa memberikan nilai baru kepada masyarakat,” ujar President of Yamaha Europe, Eric de Seynes belum lama ini.

Belum merambah pasar Indonesia

Lantas apakah Yamaha Indonesia akan memboyong kedua skuter listrik tersebut ke tanah air?

Manager Public Relations, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro mengatakan saat ini pihaknya belum memiliki rencana mendatangkan skuter listrik tersebut ke Indonesia.

“Itu kan baru diperkenalkan di Eropa, saya enggak bisa ngomong apa-apa, (Yamaha) Eropa yang kenalin kan,” ucap Anton ketika di Mataram, Lombok beberapa waktu lalu.

Anton menuturkan, pihaknya tidak bisa langsung mendatangkan kedua skuter listrik itu begitu saja ke Indonesia. Sebab pihaknya perlu menyiapkan banyak hal sebelum benar-benar bisa menjual produk elektrifikasinya di dalam negeri.

“Kalau studi kemudian research secara internal sudah pasti ada, mungkin teman-teman yang dari 2017 kalau ingat e-Fino itu kan juga kita lakukan itu untuk studi. Studi cara penggunaannya, studi market-nya seperti apa,” jelas Anton.

Anton menilai, roadmap pemerintah soal kendaraan elektrifikasi sudah tepat dan semua pabrikan kendaraan memang sudah memiliki target ke depan soal netral karbon.

“Saya pikir (pabrikan) punya target ke arah sana, memang masing-masing harus mempersiapkan diri karena memang banyak yang harus disiapkan, tidak hanya memperkenalkan produknya, karena secara teknologi kita sudah punya. Tinggal melihat kesiapannya nanti,” pungkas Anton.

Sekilas Yamaha E01 dan Yamaha Neo’s

Skuter listrik Yamaha E01 setara dengan skutik kelas 125 cc. Punya tampilan seperti skutik Maxi, bagian depannya sedikit landai dengan penempatan dua buah lampu di bawah topengnya seperti Yamaha YZF-R1.

Bergeser sedikit, bagian dek terlihat pijakan kaki pengemudi seperti yang ada pada NMax. Kemudian pada bagian belakang, ketinggian jok dibuat berbeda, lalu lampu rem lebih pipih dan tak ada spakbor bagian belakang.

Spakbornya sendiri menggunakan model gantung sehingga bagian belakang terlihat lebih luas. Terdapat juga dual shock breaker pada bagian belakang motor.

Kendati demikian, belum ada informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dari skutik listrik asal Jepang satu ini.

Sementara Yamaha Neo’s memiliki ukuran lebih kecil. Yamaha mengeklaim skutik satu ini setara dengan 50 cc.

Soal tampilannya, skutik mungil satu ini mirip dengan skutik listrik yang kerap di jalanan Jakarta temui saat ini. Terlebih dengan penggunaan lampu depan yang seperti kacamata.

Pada bagian belakangnya lampu henti diposisikan pada tempat yang cukup tidak biasa. Jauh sedikit ke bawah dari behel motor dan menyatu dengan spakbor.

Sama seperti E01, belum ada informasi lebih lanjut mengenai informasi spesifikasi pada Yamaha Neo’s.

Sumber : kumparan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.