Wisata Kuliner Semakin Seru 6 Makanan Khas Demak yang Enaknya Kebangetan

  • Bagikan

DEMAK, ZOZ.MY.ID  — Demak dijuluki sebagai Kota Wali yang membuatnya ramai dikunjungi sebagian destinasi wisata religi dan sejarah. Setelah keliling Demak, Anda pun bisa lanjut jelajah wisata kuliner. Apa saja makanan khas Demak yang terkenal enak?

Mulai dari aneka ragam nasi hingga hidangan lain yang raja sukai, simak daftar kuliner rekomendasi makanan khas Demak yang lezat dan menggoyang lidah berikut.

Nasi Kropokhan

Kuah kaldu nasi kropokhan sangatlah gurih, berpadu cita rasa rempah yang kuat. Makanan ini terdiri dari potongan daging kerbau yang empuk dan enak. Meski berkuah santan, makanan khas Demak ini aman mengkonsumsi untuk semua kalangan karena ada tambahan daun kedondong dan potongan labu putih.

Aroma khas nasi kropokhan berasal dari ketumbar sangrai, jinten serta bawang merah dan putih yang tumbuk dengan halus. Anda bisa menambah cabai utuh dalam kuahnya untuk menambah rasa pedas nasi kropokhan.

 

Wisata, makanan Khas
Nasi kropokhan khas Demak (YouTube/12.IPA.09.06 Devi Widdyastuti)

Asem-Asem Daging Demak

Yuk, coba icip makanan khas Demak yang menyegarkan satu ini! Asem-asem daging Demak memiliki kuah segar dan sedikit asam. Menggunakan potongan daging sapi yang rebus terlebih dahulu, komposisi asem-asem khas Demak ini pada dasarnya sama seperti sajian serupa pada umumnya.

Belimbing wuluh, cabai rawit, asam jawa, tomat, hingga lengkuas dan lainnya, semua bumbu rempah haluskan, kemudian tumis untuk menghasilkan aroma sedap dan meresap.

Botok Telur Asin

kuliner
Botok Telor Asin Super Enak

Ini adalah olahan telur yang bercampur dengan bumbu yang mirip bumbu asem-asem. Telur asin dan bumbu bercampur dengan air santan, kemudian terbungkus dalam daun pisang. Botok telur asin kemudian terkukus hingga matang. Botok telur asin nikmat tersantap bersama asem-asem daging.

Bebek Bakar Plecing Khas Demak

Bagaimana rasanya menyantap bebek bakar plecing khas NTB yang pedas tambah dengan bumbu asam manis khas Demak? Makanan ini bisa jadi pilihan lezat untuk Anda.

Daging bebek bakar terasa sangat empuk dan bumbunya meresap hingga tulang. Serat daging bebek pun nikmat, tidak alot, dan tanpa kandungan lemak. Uniknya, bebek bakar plecing khas Demak juga punya cita rasa asam manis yang cocok dengan lidah orang Jawa.

Tengkleng Kaki Kambing Muda

Makanan khas Demak yang lezat berikutnya adalah tengkleng kaki kambing yang kaya sum-sum tulang. Tengkleng kaki kambing tersaji dalam porsi kecil dan kuahnya mirip dengan gulai.

Saat terlumat, kulit daging hingga sum-sum tulang terasa begitu lembut dan asam pedasnya sangat terasa. Tekstur empuk dan bau yang tidak amis berasal dari cara pengolahannya yang menggunakan presto terlebih dahulu.

Nasi Brongkos

Coba kelezatan olahan nasi brongkos khas Demak yang unik ini. Olahan nasi berwarna kecoklatan berasal dari buah kluwek yang ditumbuk halus bersama bumbu rempah. Rasanya yang asam gurih berasal dari campuran air asam dan santan.

Nasi brongkos dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus hingga nasi matang dan pulen. Makanan ini biasa disajikan bersama lauk pendamping lainnya seperti telur ceplok dan kerupuk udang.

Itulah beberapa makanan khas kota Demak yang unik dan beragam. Jangan lupa masukkan ke dalam daftar wisata kuliner saat berkunjung ke Demak, ya! (syahbil).

SUMBER : Suara.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.